Sejarah Singkat

Seiring dengan kemajuan pendidikan yang ditandai peningkatan sumber daya manusia dan kemampuan siswa sebagai mitra pembelajaran, akan membawa suasana yang semakin kondusif dan terbuka, dimana kedua lini saling mengisi dan melengkapi (Take and Give). Adanya kompetensi yang semakin menguatkan lini persaingan dari sektor kualitas, maka setiap sekolah kejuruan dituntut untuk berbenah dan menata secara internal agar pengembangan ketrampilan pada siswa ditingkatkan melalui pembelajaran teori dan praktek.

SMA Negeri 17 Medan dalam memberikan materi pembelajaran perlu didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana terutama yang menyangkut teknologi dan informasi. Hal tersebut dalam rangka mendukung proses pembelajaran berbasis media sehingga kegiatan belajar mengajar semakin hari semakin berkembang dan maju.

Terkait dengan hal tersebut maka laboratorium komputer di SMA Negeri 17 Medan menjadi suatu keharusan agar terwujud proses pembelajaran sebagai mana dimasud.

Untuk itu bantuan dari instansi lain menjadi sangat penting dan kami harapkan. Sehingga tujuan pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa akan terwujud.

Dengan melihat hal tersebut dibutuhkan fasilitas dan sarana yang menunjang agar SMA Negeri 17 Medan bisa memberikan pelayanan pendidikan yang memadai. kepada para siswanya.

Spesifikasi praktik laboratorium yang ada di SMA Negeri 17 Medan mencakup beberapa hal kebutuhan laboratorium yaitu Laboratorium Komputer berikut perlatannya.

Saat ini SMA Negeri 17 Medan belum memiliki kebutuhan laboratorium Fisika dan Kimia sesuai dengan spesifikasinya, dan untuk itu secara kontinyu perlu dilakukan pengembangan sesuai dengan spesifikasi bidang pendidikan yang dikembangkan.

SMA Negeri 17 Medan belum memiliki gedung laboratorium computer yang standar, dan berdasarkan spesifikasinya saat ini masih tahap pemenuhan kebutuhan dalam rangka mencapai rasio dengan jumlah siswa SMA Negeri 17 Medan.. Kebutuhan tersebut akan semakin meningkat mengingat adanya pertumbuhan dan kemajuan di SMA Negeri 17 Medan yang mengarah pada kekhususan, sehingga menuntut pemenuhan kompetensi sesuai kebutuhan termasuk keterampilan yang harus dimiliki. Selain itu pemenuhan kebutuhan laboratorium juga harus ditingkatkan, hal ini karena jumlah peserta didik pada tahun-tahun mendatang cenderung terus bertambah.

Dengan bertambahnya jumlah siswa maka jumlah sarana prasarana laboratorium komputer juga perlu ditambah. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesesuaian antara jumlah siswa, serta menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Video Profil
Kata Pengantar Kepala Sekolah

KATA PENGANTAR

     Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang atas berkat rahmat kami bisa meluncurkan situs web Sekolah ini di Internet. Situs web sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan informasi yang selalu berkembang dalam dunia pendidikan. 

     Guru mata pelajaran memiliki peran yang sangat strategis dalam peningkatan kualitas pembelajaran yang diampu. Untuk melaksanakan peran tersebut diperlukan guru yang memiliki kompetensi Paedagogik, Profesional, Kepribadian, dan Sosial serta didukung dengan karakter yang baik dari seorang guru.

     Program SMA Rujukan tahun 2017 telah dilaksanakan di SMA Negeri 17 Medan sesuai dengan program yang ditentukan. Salah satu program dengan menyusun e-modul sebagai sarana membuat pembelajaran menjadi kreatif, efektif dan bermakna.

     SMA Negeri 17 Medan setelah menjadi SMA Rujukan tahun 2017 kompetensi para guru semakin meningkat bahkan sudah sering diminta memberi penjelasan terhadap tugas-tugas guru yang professional oleh sekolah lain terutama sekolah imbas. Sebagai SMA Rujukan, SMA Negeri 17 Medan telah berupaya mendokumentasikan berbagai sarana Pembelajaran seperti RPP, Video Pembelajaran, Penguatan Karakter khususnya dalam hal ini membuat e-modul.

     Pada e-modul kebangsaan ini disusun berdasarkan petunjuk teknis e-modul yang disampaikan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Pembinaan SMA. Dengan kemampuan yang terbatas serta waktu yang tidak begitu lama penyusun menyadari bahwa e-modul kebangsaan ini masih belum sempurna, namun karena tugas yang harus dikerjakan dan diselesaikan dengan waktu tertentu maka berbagai kekurangan masih mungkin terjadi.

     Bagi pembaca dan yang menggunakan e-modul ini kiranya ada manfaat yang diperoleh, walaupun kelemahan dan kekurangan sebagai penyusun siap dan senang hati untuk menerima kritikan dan masukan, agar dimasa yang  akan datang dapat disusun yang baik daripada keadaan sekarang.

     Akhirnya sebagai penyusun berterima kasih kepada teman sekerja terutama bimbingan dari staf Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Republik Indonesia, dan atas perhatian dan kerjasama yang baik diucapkan terima kasih.

 

Kepala Sekolah,
Soagahon Simanungkalit,SH

Informasi

INFO TERBARU : Berdasarkan surat dari Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Nomor 420/3981/Subbag Umum/V/2020 tanggal 29 Mei 2020 Hal Perpanjangan Kegiatan Belajar Mengajar Dalam Masa Darurat Pandemi Covid-19, maka dengan ini disampaikan bahwa Masa Pelaksanaan Proses Belajar Mandiri Peserta didik dari rumah melalui Pembelajaran daring (online) diperpanjang sampai dengan waktu yang belum dapat ditentukan (sampai ada pemberitahuan selanjutnya). Demikian disampaikan, atas perhatian diucapkan terima kasih.

Galeri